Kamis, 19 Februari 2015

Kegiatan Penyuluhan Narkoba





PENYULUHAN DAN PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA PADA SISWA-SISWI PASRAMAN HINDU DI DKI JAKARTA KERJASAMA PRAJANITI DKI JAKARTA DENGAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) 2015

Oleh :
Sekretaris Prajaniti




O Svastyastu,

Atas anugerah Hyang Widhi Wasa pelaksanaan penyuluhan narkoba untuk pelajar tingkat SMP dan SMA pasraman Hindu di DKI Jakarta dapat terlaksana dengan baik dan tanpa halangan suatu apapun. Prajaniti Hindu DKI Jakarta adalah suatu organisasi masyarakat yang bernafaskan keagamaan yang keberadaannya diakui oleh umat Hindu di Indonesia pada umumnya dan umat Hindu DKI Jakarta pada khususnya.  Oleh karena itu, salah satu program Prajaniti Hindu DKI Jakarta di dalam rangka pembinaan umat Hindu salah satunya dengan mensosialisasikan akan bahaya penyalahgunaan Narkoba. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen umat Hindu yang ada di DKI Jakarta.
Berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan ini panitia membuat laporan kegiatan pelaksanaan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba) kerjasama Prajaniti DKI Jakarta dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) 2015. Bersamaan dengan ini pula kami atas nama panitia akan melaporkan hal-hal berkaitan dengan pelaksanaan tersebut yang meliputi ; dasar hukum, pelaksanaan kegiatan dan hasil prosiding seminar serta hal-hal terkait lainnya.
Demikianlah, pelaksanaan kegiatan penyuluhan narkoba ini semoga dalam pelaksanaan kegiatan Prajaniti selanjutnya dapat terus memperbaikinya dan diucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan pengurus prajaniti DKI Jakarta yang atas pengorbanan dan dedikasi yang tinggi selama ini, sehingga terlaksanannya kegiatan ini. 

Dengan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran Agama Hindu yang cukup dan baik, perlu juga diberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya Narkoba yang di barengi dengan nilai-nilai agama Hindu melalui pembinaan tentang Yoga, cara penanggulangan dan menghindari obat – obatan yang mengandung zat adiktif lainnya , serta membangun kompetensi generasi  muda Hindu  menuju hidup berakhlak mulia dan berbudhi pekerti luhur, karena pemuda adalah tunas-tunas bangsa yang akan menjadi penerus perjuangan bangsa ini kedepan. Oleh sebab itu maka  Remaja Hindu sangat perlu  mempersiapkan diri untuk memasuki fase kehidupan selanjutnya yaitu Grahasta Asrama atau  hidup berumah tangga yang merupakan jembatan menuju jagadhita. Kerangka Acuan ini berlaku bagi kegiatan Penyuluhan dan  penanggulangan Narkoba  bagi siswa-siswi Agama Hindu yang dibiayai dengan biaya donatur tetap dan para sukarelawan yang peduli dengan tunas-tunas muda Hindu baik dari instansi negeri atau swasta se DKI Jakarta.

     Adapun Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah :
1.   Menguatkan  karakter generasi muda terhadap ancaman Narkoba dalam ke Hinduannya yang humanis serta kekeluargaan untuk mewujudkan rasa bhakti kepada Hyang Widhi / Tuhan Yang Maha Esa, agar tidak mudah terpengaruh dari arus globalisasi dan budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia dan tidak mudah terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan penayalahgunaan Narkoba.
2.   Memberikan pemahaman makna nilai filosofi secara lengkap tentang kerangka dasar agama Hindu.
3.   Memperluas wawasan nusantara,/pengetahuan Narkoba generasi muda Hindu.


E. PENGARAH DAN NARA SUMBER
     
Nara Sumber kegiatan  Penyuluhan dan Penangulangan Narkoba terhadap siswa-siswi pasraman  Agama Hindu  adalah     sebagai berikut : Nara Sumber berjumlah 4 (empat) orang, dengan perincian materi sebagai berikut :



     
Uraian Kegiatan
Pengarah/narasumber
Laporan Ketua Panitia
Ida Made  Sugita, S.Ag.,M.Fil.H
Sambutan Ketua Prajaniti Hindu  DKI Jakarta
Gede Narayana, SE.,M.Si
Sambutan Pembimas Hindu kanwil DKI Jakarta
I Gusti Made Mudana, S.Ag
Sambutan Dewan Pimpinan Pusat GRANAT
Brigjen Pol (Purn) Ashar
Arahan dan nasehat tentang pencegahan narkoba
Bapak Prasetyo Edi Marsudi, SH - Ketua DPRD DKI Jakarta

Sambutan Ketua Prajaniti Hindu Indonesia Pusat
Laksmana Madya TNI (Purn). Si Putu Ardana
Sambutan Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan Pembukaan acara
Gubernur  DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM.
Doa
Pinandita I Ketut Baret, S.Pd.H
Makan Siang
Panitia
Permasalahan Narkoba di Indonesia (Strategi penanggulangan)
Deputi Pencegahan oleh Dr. Antar Sianturi, SH
Bahaya narkoba dan penanggulanggannya di wilayah DKI Jakarta
Tim BNN  
1.    Pencegahan dan penanggulangan HIV
2.    Abat (Aku Bangga Aku Tahu) sosialisasi HIV untuk remaja.
3.    Mengenal potensi diri

1.    Drs. John Alubwaman, MM (Komisi Penanggulangan AIDS DKI Jakarta)
2.    Dinas Kesehatan DKI Jakarta


3.    Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Coffe Break
Panitia
Dialog interaktif dengan peserta tentang bahaya narkoba dalam perspektif agama Hindu
I Wayan Kantun Mandara, S,Ag.,M.Fil.H, dkk
Praktik dasar-dasar yoga dalam agama Hindu (Upaya pencegahan bahaya narkoba melalui pendekatan agama).

Ari Santosa
Pembacaan Sloka Bhagavadgita
I Made Noni






Demikianlah, pelaksanaan kegiatan penyuluhan narkoba ini semoga dalam pelaksanaan kegiatan Prajaniti selanjutnya dapat berjalan yang lebh baik lagi. Dan diucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan pengurus prajaniti DKI Jakarta yang atas pengorbanan dan dedikasi yang tinggi selama ini, sehingga terlaksanannya kegiatan ini. Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru.

Untuk Laporan KLIK DISINI

O Śānti, Śānti, Śānti O
Jakarta, 16 Februari 2015
                                                                                                Panitia Pelaksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar